Jumat, 25 Juli 2008

Masyarakat Dibuat Siap Menghadapi Bencana

Sebenarnya kita harus banyak belajar dari setiap kejadian yang menimpa kita. Apapun kejadian tersebut, bagaimanapun kejadian tersebut, baik kejadian yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan.Salah satunya adalah bencana alam. Maksud bencana atau musibah adalah pergiliran kepada manusia, dan sebagai batas agar manusia tidak menyombongkan diri dan membanggakan diri (QS. Al Hadiid:23).
Menghadapi bencana alam adalah sebuah tindakan baik tindakan pra-bencana, tindakan saat bencana, dan tindakan pasca bencana.

Tindakan pra-bencana
Adalah tindakan yang diupayakan untuk menghindari bencana, sebelum terjadi bencana. Caranya adalah dengan adanya peringatan awal (early warning) akan terjadinya bencana.
Kemudian masyarakat juga harus di-sosialisasikan bagaimana menghadapi bencana (gempa, banjir, gunung meletus, badai dsb). Banyak artikel atau tips
tentang bagaimana menghadapi musibah. Ini dilakukan agar masyarakat mengerti apa yang akan dilakukan (tindakan preventif) apabila kalau2 terjadi bencana.

Tindakan saat bencana
Adalah tindakan yang dilakukan saat bencana, bila bencana memang benar-benar terjadi. Cara ini bergantung pada usaha-usaha yang dilakukan pada point pertama (tindakan pra bencana).
Minimal, sosialisasi bagaimana menghadapi bencana sudah dilakukan dengan baik dan masyarakat dapat melalukannya saat terjadi bencana.
Misal, bagaimana seharusnya yang dilakukan apabila terjadi gempa, segera keluar dari bangunan dsb.

Tindakan pasca-bencana
Adalah tindakan yang dilakukan setelah terjadi bencana. Tindakan ini berupa tindakan penyelamatan (rescue), dan pemulihan. Penyelamatan dimaksudkan untuk menyelamatkan segala sesuatu yang perlu diselamatkan (bersifat jangka pendek).
Pemulihan dimaksudkan untuk memulihkan kembali daerah dan masyarakat yang dilanda gempa (jangka panjang).
Setelah terjadi bencana juga harus dikaji dan dipelajari setiap hal mengenai bencana tersebut untuk bahan pemikiran dan pembelajaran dikemudian hari.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs